07/03/13

Manfaat Kebiasaan Berpuasa



                Orang bisa karena terbiasa. Dengan membiasakan diri berpuasa, ternyata banyak manfaat yang dapat kita ambil. Diantaranya…..

1.       Membentuk Pribadi yang Tangguh. Pada saat puasa, kita berada pada kondisi lapar, haus dan badan terasa lemas. Padahal, kita tetap dituntut untuk beraktifitas sebagaimana biasanya. Dengan kita terbiasa menghadapi kesulitan-kesulitan tersebut, akan terbentuklah pribadi yang tangguh pada diri kita sehingga ketika datang suatu kesulitan yang lebih besar menimpa kita, kita sudah terbiasa menghadapi kesulitan  dan akan lebih siap untuk  menghadapinya.

2.       Membentuk Komitmen Baja. Ketika puasa, tak jarang kita mendapati cobaan-cobaan yang dapat membatalkan puasa kita. Nah, puasa membiasakan diri kita untuk berpegang teguh pada komitmen yang kita buat. Kita berkomitmen bahwa kita sedang puasa. Kita tidak boleh kalah dengan segala macam godaan yang ada. Mempunyai komitmen yang kuat sangatlah penting bagi kita, tanpanya kita akan menjadi pribadi yang mudah terlena dan selalu jauh dari target-target kesuksesan kita.
3.        
     Mengedepankan Akal, Mengesampingkan Hawa Nafsu. Saat berpuasa, rasa lapar dan haus menjadikan hawa nafsu kita merengek-rengek agar kita mau untuk sekedar menelan makanan dan meneguk air. Namun, akal kita memberontak dan menegaskan bahwa kita tidak akan makan dan minum hingga saat berbuka tiba agar kita mendapatkan pahala dari-Nya. Hawa nafsu kita bermizankan antara enak dan tidak enak. Sedangkan akal kita bermizankan manfaat dan madlarat. Dengan membiasakan diri berpuasa, berarti kita membiasakan diri untuk bertindak dengan pertimbangan manfaat dan madlaratnya bukan sekedar enak dan tidak enaknya saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar