07/01/13

Bencana Ulah Manusia




Hutan Gundul
Banjir
Sampah




"Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan perbuatan manusia supaya Allah merasakan kepada manusia sebagian dari akibat perbuatan mereka dan agar mereka kembali (kejalan yang benar)

     Di zaman ini, kita banyak menjumpai bencana-bencana alam yang menimpa manusia. Dan sayangnya, bencana-bencana tersebut terjadi akibat ulah manusia sendiri. Hal ini sangat berseberangan dengan yang seharusnya dilakukan oleh manusia. Islam mengajari kita untuk tidak berbuat kerusakan di muka bumi. Bahkan Islam mengajari kita untuk menjaga lingkungan dengan baik. Salah satu contohnya, marilah kita simak hadits berikut:

Rasulullah saw bersabda : tidaklah seorang muslim menanam tanaman, kemudian tanaman itu dimakan oleh burung, manusia, ataupun hewan, kecuali baginya dengan tanaman itu adalah sadaqah”. (HR. al-Bukhari dan Muslim dari Anas).
     Salah satu upaya dalam melestarikan lingkungan adalah menanam pohon. Dengan banyak menanam pohon, udara yang ada di sekitar kita akan menjadi lebih bersih dan lebih sehat. Hal penting seperti ini sudah diajarkan dalam Islam. Tinggal sekarang bagaimana kita sebagai seorang muslim bertindak



Tidak ada komentar:

Posting Komentar