27/12/12

Menghadapi Orang Introvert

sasuke

     Punya teman yang introvert? atau apakah anda seorang yang introvert? atau.... ga tau apa itu introvert -_-  karakter introvert itu (bagi yang belum tahu) sekilas terlihat sebagai orang yang pendiam, penyendiri, kadang pemalu dan agak kaku dalam bersosialisasi. Gampanganya, cobalah lihat karakter sasuke pada kartun naruto. Yah, kurang lebih itu sudah cukup mewakili. Nah biasanya, orang-orang seperti ini emang agak susah untuk diajak bergaul, dan ini ada beberapa tips dalam bergaul dengan mereka:


  1. Hormati Privasi Mereka. Orang yang introvert itu cenderung tertutup kepribadiannya. Ia tidak suka terlalu blak-blakan terhadap apa yang ada pada diri mereka. Kalau kita punya teman introvert, jangan terlalu banyak menanyai hal-hal pribadi mereka, apalagi kalau kita belum terlalu akrab.
  2. Buat Dia Nyaman. Agak susah bagi seorang introvert untuk memulai sebuah pertemanan. Ia butuh waktu untuk beradaptasi dengan orang baru. Kita harus bisa meyakinkan si introvert ini bahwa kita bisa menerima dia apa adanya. Dan jangan terlalu banyak mengkritik.
  3. Sering Mengobrol. Butuh waktu untuk akrab dengan orang introvert. Salah satu caranya kita harus sering ajak obrol mereka. Dan bukan suatu hal yang mudah untuk mengobrol dengan mereka. Kita harus tahu waktu yang tepat, soalnya kita justru mengganggu mereka kalau salah waktu (misalnya dia sedang sibuk melakukan sesuatu). Dan sebaiknya mulailah obrolan dengan santai dan ringan. Tapi hati-hati, banyak omong sesuatu yang ga penting juga tidak disukai oleh orang introvert. Mereka lebih menyukai diskusi atau bertukar pikiran.
  4. Tunjukkan Rasa Peduli . Kebanyakan orang introvert tidak suka mengeluh, jadi memang agak susah untuk mengetahui masalah yang dihadapi mereka. Tapi kita masih bisa melihat tanda-tanda kemurungan di wajah mereka. Tanyakanlah apa yang mereka alami, katakanlah bahwa kita bisa membantu sebisa kita. Tapi jangan memaksa orang introvert untuk memberitahu masalah mereka. Mereka malah akan merasa terganggu. Kalau mereka tidak mau terbuka, ya sudah. Karena dengan menunjukkan rasa peduli kita terhadap mereka saja itu sudah cukup membantu bagi mereka. Mereka sudah merasa sangat senang ada orang yang peduli dengan mereka.

     Seandainya orang introvert itu sudah akrab dengan kita, biasanya orang ini akan sangat terbuka dengan kita. Dia bakalan curhat semua masalah hidupnya ke kita. Dia akan menaruh rasa percaya yang tinggi terhadap kita. Dia akan sering menolong, membela, dan mensupport kita. Tapi, ketika sudah seperti ini, kita harus hati-hati. Jangan sampai kita berbuat salah kepada mereka kecuali kita cepat-cepat minta maaf. Karena ketika mereka sudah percaya dengan kita, mereka akan sangat terpukul kalau kita malah mengecewakan mereka. 

5 komentar:

  1. Wow, benar-benar psikolog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. engga kok aku masih butuh banyak belajar

      Hapus
  2. Sip. bahkan setelah meminta maaf pun belum tentu kepercayaan seorang introvert itu bs kembali ke kita lho ^_^ salam ukhuwah mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, terkadang emang aga susah bagi mereka untuk memaafkan kesalahan org lain. Salam ukhuwah juga

      Hapus
  3. Harus punya kesabaran yang lebih utk menghadapi seorang introvert... Huuuffftt...X_X

    BalasHapus