25/02/13

Have a Reason!

A Reason
     Dalam proses kita mempelajari sesuatu, mempunyai motif atau alasan untuk mempelajarinya adalah hal yang pokok dan penting. Bahkan ini adalah hal yang harus kita miliki sebelum kita belajar sesuatu. Karena dengannya, banyak manfaat yang dapat kita ambil, diantaranya:
  • Menjadi Pemicu Semangat. Salah satu penyebab malasnya seseorang dalam belajar adalah asumsi bahwa apa yang ia pelajari tidaklah bermanfaat baginya. Sebagai contoh, katakanlah ada seorang murid yang malas belajar fisika. Ia berpikir bahwa fisika itu tidak memberinya manfaat baik sekarang maupun di waktu nanti. Ia berpikir "Untuk apa aku belajar tentang dinamika rotasi, teori fluida, ilmu termodinamika dll? apakah jika aku tidak mengerti termodinamika akan menyusahkan hidupku kelak?" pikiran-pikiran inilah yang membuatnya seakan sama saja belajar fisika maupun tidak. Andaikan ia tahu manfaat belajar fisika, punya alasan dan tujuan untuk mempelajarinya, rasa malas ini dapat diminimalisir dan akan memicu semangat untuk mempelajarinya.
  • Membantu Proses Belajar. Ketika kita punya alasan kuat untuk mempelajari sesuatu, sesuatu tersebut akan dianggap penting oleh otak kita. sehingga ilmu tersebut akan lebih awet bersemayam di otak kita. Mengapa demikian? Cobalah kita mengingat-ingat hal-hal apa saja yang pernah kita lakukan di waktu SMP, sudah pasti kita akan lebih mengingat hal-hal penting yang kita kerjakan dulu. begitu jugalah yang akan terjadi pada ilmu yang telah otak kita anggap penting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar