03/01/13

Efektifitas dan Efisiensi dalam Bekerja



Efektif dan Efisien dua kata yang mempunyai makna berbeda namun terkadang agak samar untuk membedakannya bagi beberapa orang.



 




Efektif: melakukan suatu usaha tertentu untuk mendapat hasil semaksimal mungkin
Efisien: melakukan suatu usaha seminimal mungkin untuk mencapai target tertentu
Jadi, kalo efektif itu yang penting hasilnya (efeknya), sedangkan efisien itu yang penting irit asalkan jalan

     Mengetahui efektifitas dan efisiensi sangat penting dalam bekerja. Setiap pekerjaan pasti mempunyai prioritas tersendiri. Jadi, kita harus tahu kondisi kapan kita harus bekerja secara efektif dan kapan kita harus bekerja secara efisien. Berikut adalah penjelasannya:
  • Bekerja Secara Efisien itu berarti kita menghemat waktu, pikiran, dan tenaga yang dikeluarkan. Kita tidak perlu terlalu terikat dengan hasil yang harus maksimal atau perfect. Bekerja seperti ini sebaiknya kita lakukan jika pekerjaan yang harus kita selesaikan begitu banyak. Daripada kita terlalu fokus memaksimalkan satu pekerjaan tapi pekerjaan yang lain malah keteteran, mending tetap kita kerjakan semuanya yang penting jalan.
  • Bekerja Secara Efektif berarti tidak menjadi masalah bagi kita untuk mengeluarkan banyak pengorbanan demi mendapat hasil yang maksimal. Bekerja secara efektif itu berarti kita tidak boleh setengah-setengah dalam bekerja. Kita harus fokus untuk mengejar target yang sudah ditentukan. Bekerja seperti ini sebaiknya kita lakukan jika pekerjaan yang kita harus selesaikan sedikit atau hanya satu. Karena malah sayang kalau kita tidak bisa memanfaatkan kesempatan dengan sebaik mungkin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar