25/12/12

Tidurlah Secara Sehat



     Meskipun beberapa orang menganggap sepele masalah tidur, tidur adalah salah satu aktifitas penting bagi tubuh manusia. Tidur bermanfaat untuk mengembalikan stamina tubuh, mengembalikan konsentrasi, menurunkan rasa stress, meregenerasi sel-sel yang rusak dan banyak manfaat lainnya. Dan untuk mendapat manfaat tidur yang optimal, ada beberapa hal yang bisa kita upayakan

  1. Tidurlah yang cukup, yakni kisaran 5-7 jam di malam hari. Tidur malam adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Soalnya, kalo kita tidur malamnya tidak optimal, kita bisa ngantuk seharian esok harinya.
  2. Matikan lampu. Ahli biologi Joan Robert mengatakan tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika tidak ada cahaya. Hormon ini adalah salah satu hormon kekebalan tubuh yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit.
  3. Hindari suara-suara yang mengganggu. Saat kita tidur, usahakan untuk tidur pada suasana yang senyap. Jangan tidur di depan TV yang menyala, ini menyebabkan kita tidak bisa tidur dengan nyenyak. Karena sistem pendengaran kita masih bekerja ketika kita tidur.
  4. Perhatikan sirkulasi udara. Buatlah ventilasi kamar bekerja sebagaimana mestinya karena ketika kita tidur, tubuh membutuhkan banyak oksigen dari luar. Jadi jangan sampai tidur kita tidak optimal gara-gara sirkulasi udara yang buruk.



         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar